Halaman

Minggu, 16 September 2018

PEDE Berbicara di Depan Umum

Bagi sebagian orang, berbicara di hadapan orang banyak adalah momok. Menyampaikan informasi dengan baik di hadapan banyak orang memang bukan perkara mudah. Semua yang sudah kita persiapkan bisa buyar saat terbentur rasa gugup, begitu melihat banyak pasang mata terfokus ke arah kita.
Bukan hanya para pekerja profesional, kemampuan berkomunikasi juga penting dimiliki setiap orang. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kita bisa berkembang menjadi pribadi yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi orang lain.
Kemampuan berkomuniasi sebenarnya tidak datang begitu saja. Diperlukan latihan dan praktek. "The Soul of Speaking" (SOS), Pusat belajar komunikasi publik ini memiliki metode pengajarannya yang unik, yaitu dengan menggabungkan tiga disiplin ilmu : teater, jurnalistik dan psikologi.
SOS mengkolaborasikan cara bertutur dalam ilmu teater, cerita yang berstruktur dari ilmu jurnalistik, dan pendekatan personal dan ilmu psikologi.
Rani Badri Kalianda didapuk menjadi salah satu pelatihnya. Ia memiliki latar belakang ilmu teater dan sering menjadi trainer finalis sejumlah kontes seperti "Miss Indonesia".
Di awal pelatihan, peserta akan diajarkan cara menyelaraskan pikiran dan perasaan, yang merupakan kunci komunikasi yang baik. "Seringkali orang terlalu mengandalkan pikiran daripada perasaan atau sebaliknya. Hal ini membuat kata-kata yang keluar menjadi tidak enak didengar. Keselarasan akan membuat kata-kata yang terucap memiliki soul."
Setelah terjadi keselarasan pikir dan rasa, seseorang akan memiliki mindfullness atau kesadaran. Tahapan selanjutnya adalah imajinasi, yaitu proses penyelarasan otak kiri dan kanan, disusul metode penanaman motivasi dalam diri.
Hal terakhir yang tidak boleh ketinggalan dan menjadi penekanan adalah tujuan utama atau goal. "Goal itu sangat penting. Banyak orang menekankan pada motivasi saja tetapi tidak memiliki tujuan utama. Jika tidak tahu tujuan lalu buat apa motivasi."
Selain itu, peserta juga dilatih teknik pernafasan dan vokal. Dua hal tersebut sangat penting terutama saat berbicara di depan umum. "Teknik pernafasan, penekanan kata-kata, menemukan warna suara asli, juga diajarkan. Teknik sangat penting untuk diketahui dan harus di latihdan dipraktekan.
Meski hasil yang didapat setiap peserta berbeda, namun seluruhnya menunjukan kemajuan dalam hal berkomunikasi. Bukan hanya di depan umum, tetapi juga komunikasi dengan diri sendiri, pasangan, dan orang-orang disekitar, (Ujar Rani).

Anda tertarik?!??



Hadir di JOGJA

Workshop
SOULOF SPEAKING Journey to Happiness
"Mengubah RASA TAKUT menjadi KAYA dan BAHAGIA"

Minggu, 14 Oktober 2018
Hotel PESONNA MALIOBORO
Jl. Godean No.3 Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta 55122
08.30 - 16.00 WIB

Info Lebih Lanjut : WA 0812 7628 776

Tidak ada komentar:

Posting Komentar